Wednesday, January 4, 2012

SAC Makassar “Dive Akhir - Awal Tahun dan Bakti Sosial Kesehatan-2”

Pulau Badi , Kep. Spermonde, Sulawesi Selatan, Indonesia.
31 Desember 2011 – 01 Januari 2012

Seperti 2 tahun sebelumnya, SAC Makassar selalu mengadakan acara old & new year dive.. yaah, so pasti untuk mempererat kebersamaan, tali persaudaraan dan kekeluargaan.. After all, SAC Makassar is not just a community.. we are a BIG FAMILY!
Untuk tahun 2011 acara dibuat agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.. karena disertai dengan kegiatan “Bakti Sosial Kesehatan” untuk masyarakat di pulau Badi.

Setelah melakukan beberapa kali rapat persiapan sekitar Desember..
Tibalah pada hari H (31 Desember 2011). Pagi itu kami berkumpul di dermaga Kayu Bangkoa, Makassar.. proses loading barang (obat-obatan, tabung selam dan lain-lain) ke kapal pun dimulai sambil menunggu buddies yang lain. Seperti biasa, kapal yang digunakan adalah kapal “Novita Sari”, pertimbangannya adalah size yang cukup besar dan skipper yang sangat berpengalaman. Akhirnya tepat pukul 09.30 kapal pun bertolak menuju pulau Badi.. selama perjalanan diisi dengan acara sesi foto SAC buddies (especially female divers).. have fun lah pokoknya! ;)

Jelang siang sekitar pukul 10.45 kapal merapat di pulau Badi.. kami pun disambut oleh perangkat desa, masyarakat dan bocah2 pulau. Setelah silaturahmi ke rumah salah satu pemuka masyarakat yang sekaligus bakal menjadi tempat menginap, kami bergegas menuju gedung sekolah dasar yang rencananya akan dijadikan tempat kegiatan baksoskes.. dan hasilnya dua ruang kelas dirubah menjadi poliklinik dan depo farmasi.

SAC BakSosKes-2
here we are.. the power of we!

Baksoskes diadakan setelah makan siang dan sholat.. yaitu sekitar pukul 13.00. Saat tim baksoskes tiba di lokasi.. terlihat ratusan masyarakat sudah mengantri dengan penuh antusias. Memang pelayanan kesehatan sangat dibutuhkan oleh masyarakat Badi, karena di tempat mereka hanya terdapat puskesmas pembantu dengan hanya dilayani oleh seorang mantri kesehatan yang menurut informasi bahwa mantri tersebut hanya datang setiap 3 bulan sekali.
Pada baksoskes kali ini, kami menurunkan 8 orang dokter yang juga merupakan keluarga SAC Makassar. Secara keseluruhan, tim terbagi menjadi tim poliklinik (4 Dokter Spesialis, 1 Dokter Umum, 1 Dokter Muda, dan 1 perangkat desa), tim depo farmasi (5 SAC buddies, 1 Dokter Umum, dan 1 Dokter Muda) dan tim dokumentasi (3 fotografer).. dan baksoskes pun dimulai. Dari hasil pencatatan, terdaftar sekitar 215 pasien, lebih banyak dari baksoskes pertama di pulau Langkai (Maret 2011) yang hanya 110 pasien. Kegiatan baksoskes selesai tepat pukul 16.00. Setelah foto bersama, waktunya kembali ke rumah dan istirahat sejenak.

suasana poliklinik..
suasana depo farmasi..
antri pemeriksaan kesehatan dan pengambilan obat
tim dokumentasi..

Naah.. Skrg saatnya nikmati suasana pantai untuk melepas penat,  beberapa buddies menuju kapal untuk mengambil peralatan snorkling kemudian bergabung dangan yang lain di Jetty point untuk renang sambil nikmati senja bersama. Jetty point memang salah satu tempat snorkling yang bagus di pulau Badi. Sebelum adzan maghrib, kami menyudahi aktifitas pantai sore itu. Kopi dan teh hangat yang disiapkan oleh tuan rumah menemani sore kami sambil mengantri untuk bersih2 badan kemudian sholat. Jelang malam aroma masakan laut mulai menggugah selera makan, tak lama hidangan makan malam pun telah tersedia.. nasi putih, cumi goreng, cumi saos hitam, ikan sardine, telur ceplok dan sayur bayam.. santap malam keluarga SAC Makassar yang penuh kesederhanaan dan berbalut kebersamaan. Sesuatu yang sangat indah dan nikmat.

Seusai makan malam beberapa buddies pun bersiap untuk night dive.. tidak seperti tahun sebelumnya, night dive kali ini tidak dilakukan saat mendekati pergantian tahun karena ada acara show kembang api bersama masyarakat pada pukul 00.00. Sisi utara Jetty point dijadikan sebagai entry point. Sekitar pukul 21.45 kami sudah berpindah ke alam lain.. selama dive kami bertemu penyu cukup besar, trumpet fish, decorator crab, gerombolan catfish yang cukup besar, banded coral shrimp, box jelly fish, puffer fish, coral-cat shark dan lain-lain. Ternyata arus malam itu cukup deras menuju selatan hingga kami terbawa sampai ke Baby Coral point. Kami sempat terbelalak kaget saat drift dive dengan melewati satu titik antara Jetty point dan Baby coral point, karena terlihat gunungan sampah di bawah permukaan laut yang luar biasa banyaknya! Menurut perangkat desa, sampah tersebut berasal dari kota yang terbawa arus hingga terdampar di pulau mereka, tapi mengapa hanya pada satu titik saja?? entahlah. Sepertinya masyarakat kawasan kepulauan seperti ini perlu mendapatkan edukasi tentang pengelolaan dan pengolahan sampah yang baik.

night dive in 2011..

Setelah bersih-bersih.. sambil membawa beberapa kantong kembang api, kami melangkah menuju dermaga di sisi utara dengan pantai yang memiliki dataran pasir cukup luas untuk melesatkan kembang api dan mercon.. indahnya berbagi ceria dan suka cita akhir tahun dengan menikmati pesta kembang api kecil-kecilan bersama bocah2 pulau, yang mungkin tidak setiap tahun mereka dapat menikmati suasana riuh warna warni akhir tahun di pulau mereka sendiri. Tepat pukul 00.00 puluhan kembang api kami lesatkan ke langit memecah sunyi dan gelap. Tampak masyarakat pulau berkumpul untuk menonton dengan penuh suka cita.. setelah bersalam-salaman dan foto bersama, kami kembali ke rumah untuk istirahat.. Happy New Year 2012, people! ;D

pesta kembang api..
Happy New Year 2012, buddies.. wish U aLL the BEST!
01 Januari 2012.. pagi itu, mentari tak menampakkan wajahnya di kaki langit karena tertutup mendung yang cukup tebal. Benar saja.. tak lama kemudian hujan pun turun disertai angin cukup kencang, tapi syukurlah hanya sekejap saja. Mie instant rebus dan goreng menjadi pilihan sarapan pagi ditemani teh dan kopi hangat. Setelah sarapan beberapa dari kami melakukan home visit, yaitu mengunjungi dua orang warga yang kemarin tidak bisa datang ke baksoskes karena keterbatasan fisik dan sakit yang sudah sangat berat.

Persiapan day dive 2012 akhirnya kami lakukan setelah aktifitas home visit selesai.. entry point kali ini di Baby Coral point.. dinamakan demikian karena terdapat 8 meja tempat transplantasi karang dan anemone di point ini. sekitar pukul 09.30 kami mulai day dive di tahun 2012.. selama dive kami melihat gerombolan parrot fish, gerombolan batfish, titan trigger, cuttlefish yang cukup jinak, dan yang unik adalah seekor nudibranch (Halgerda sp) sebesar ruas jari kelingking sedang jalan-jalan di atas seekor sea cucumber. Tidak lupa foto UW bersama banner New Year 2012 yang sudah kami siapkan. Dive berakhir sekitar pukul 10.45.

day dive in 2012..

Setelah dive.. Cleaning, packing dan loading barang ke kapal kami lakukan sembari menunggu waktu makan siang bersama. Seperti biasa menu utamanya adalah ikan hasil tangkapan nelayan setempat.. kali ini menu-nya adalah nasi, ikan bakar, ikan goreng, telur ceplok dan “pallu kacci”. Usai santap siang kami lalu berpamitan kepada masyarakat setempat sekaligus menyerahkan sumbangan beberapa kardus pakaian layak pakai dari SAC buddies. Saat menuju dermaga, kami ditemani oleh bocah2 pulau yang dengan sukarela membantu membawakan beberapa barang kami. Sebelum naik ke kapal kami menyempatkan untuk berfoto bersama dengan perangkat desa dan bocah2 pulau. Tepat pukul 13.00 kapal pun bertolak kembali ke Makassar.

humaniora..

Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak yang telah memberi dukungan  baik moril maupun materi dalam kegiatan ini.. Sub-Aquatic Community (SAC Makassar) buddies, Telkomsel, LKC-Dompet Dhuafa SulSel, Nestle Indonesia dan tidak lupa kepada perangkat desa pulau Badi yang telah membantu kami dalam pelaksanaan kegiatan ini. Insya Allah apa yang telah kami lakukan akan membawa berkah dan manfaat bagi masyarakat pulau Badi.. serta mari kita sambut awal tahun 2012 dengan penuh harapan dan cita-cita terbaik bagi kita semua.. Amien!

Januari 2012,
Sub-Aquatic Community, Makassar (SAC Makassar)
“we are not the expert.. but WE DO SHARE”